--> Skip to main content

DKR Lumbir Adakan Pelatihan Pengelolaan Limbah Plastik



BANYUMAS — Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Ranting (DKR) Lumbir mengadakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan sampah Plastik, Minggu (03/09/2023).


Kegiatan ini diikuti oleh anggota DKR Lumbir dan pemuda Cilombang di wilayah RT 07 RW 08 Desa Lumbir, Kecamatan Lumbir, kabupaten Banyumas.


Kak Sakir selaku Pemateri yang merupakan Andalan Ranting Urusan Pengabdian Masyarakat dan Pramuka Peduli mengatakan bahwa sampah yang ada di lingkungan sekitar sebenarnya bisa dimanfaatkan lagi, baik itu sampah organik dan anorganik.


“Kita bisa mulai dengan memilah sampah organik dan anorganik, sehingga pencemaran lingkungan dapat ditekan dan bisa mengurangi polusi air dan tanah yang ada di lingkungan sekitar,” ujarnya.


Ia menjelaskan pula bahwa sangat banyak sampah anorganik yang dapat dimanfaatkan atau mempunyai nilai ekonomis, seperti yang dilakukan saat pelatihan yaitu pembuatan hasta karya dari bekas bungkus kopi, botol air mineral.


Botol galon atau sejenisnya yang dibuat menjadi tempat pensil, bungkus kopi untuk membuat tikar, tas, dan sebagainya sesuai dengan kreatifitas kita.


“Harapan kami dengan adanya pelatihan penangan sampah plastik kali ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan kepada Dewan kerja Ranting dan Pemuda setempat, sehingga dapat memperoleh keterampilan dan kecakapan hidup,” terangnya.


Menurutnya, pengelolaan ini harus dimulai dari jiwa muda, karena di tangan-tangan pemuda dan remaja yang kreatif, ulet dan mau belajar dengan hal baru bisa mengubah sampah menjadi barang yang lebih berguna dan mempunyai nilai ekonomis.