--> Skip to main content

Saka Bakti Husada Gelar Pelatihan kewirausahaan Pembuatan Jamu Kunyit Asam


Lumbir-Kwartir Ranting (KWARRAN) Lumbir melalui Saka Bakti Husada menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Membuat Jamu bagi Saka Bakti Husada, Pramuka Peduli dan Binawasa Jum`at,24 Februari 2023 acara dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Lumbir,  Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas.

 

Pelatihan ini di ikuti oleh oleh 39 peserta yang terdiri dari  20 peserta dari saka bakti husada SMK Sriwijaya, 20 Pembina dari perwakilan pangkalan SD atau SMP tunjujkan di wilayah kecamatan lumbir dan 7 orang dari Pembina Saka Bakti Husada.

 

kegiatan pelatihan ini bagi di buka oleh dr. Mahar berlian selaku kepala Puskesmas Lumbir. "Apresiasi luar biasa kepada Pak Sakir dari Pramuka Peduli Kwartir Ranting Lumbir, yang telah mengadakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Karangpamitran bagi bagi Saka Bakti Husada, Pramuka Peduli dan Binawasa, kegiatan sebagai ajang silaturahmi dan juga menambah wawasan tentang manfaat Kunyit sebagai jamu penangkal radikal bebas.

 

Kunyit asam sejaku dulu dikenal sebagai minuman yang memiliki berbagai khasiat bagi Kesehatan tubuh, seperti namanya jamu ini berbahan utama kunyit asam atau kunir yang merupakan rempah-rempah yang telah lama dikenal sebagai obat herbal yang dipercaya dapat meningkatan system kekebalan tubuh tanpa efek samping  dan berperan sebagai antioksidan dan anti peradanagan” ucap Kak Mahar berlian dalam sambutan.

 

Disamping itu juga disampaikan beberapa manfaat jamu kunyit asam atau kunir asem oleh Ibu dr Endah diantaranya adalah mampu menurunkan gula darah, mencegah dan mengurangi resiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, meredakan nyeri haid bagi perempuan, mengatasi bau badan, selajutnya dijelaskan juga beberapa kandungan yang ada di dalam jamu kunyit asam atau kunir asem, kunyit mengandung protein, lemak, kalori, karohidrat, serat, gula, zat besi, potassium dan vitamin C dan dalam asam jawa mengandung magnesium, potassium, zat besi, kalsium, vitamin B1, B2 dan B3.

 


Selanjutnya praktik pembuatan jamu oleh Kak Sakirun dari Pramuka peduli Kwartir ranting Lumbir dalam praktiknya kak sakir juga memberitahu tips dan trik dalam memilih dan memasarkan produk jamu kunyit asam cair dan bubuk, namun pada kesempatan ini kak Sakirun hanya fokus pada jamu kunyit asam cair.