--> Skip to main content

Kwarcab Banyumas Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Kwarcab Brebes (ETK 2023)

 


Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas menyerahkan rombongan Estafet Tunas Kelapa 2023 ke Kwarcab Brebes Sabtu 26 Agustus 2023. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Ketua Bidang Abdimas Kwarcab Banyumas Budi Nugroho kepada Anggota Mabi Kwarcab Brebes Caridah berlangsung di Lokawisata Tuk Sirah Pemali Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Serah terima Estafet Tunas Kelapa 2023 ditandai dengan penyerahan tunas kelapa.


Estafet Tunas Kelapa masuk di wilayah Kwarcab Banyumas setelah diserahkan oleh Kwarcab Cilacap di perbatasan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas Jumat sore 25 Agustus 2023, tepatnya di SDN Rawaheng Kecamatan Wangon kemudian disemayamkan di Kecamatan Wangon. Dalam perjalanannya menuju Kwarcab Brebes, ETK etape ke 12 ini melewati tiga kecamatan yakni Kecamatan Wangon, Kecamatan Ajibarang dan Kecamatan Pekuncen.


Pada serah terima hadir mendampingi Waka Bidang Abdimas adalah Sekretaris Cabang Wahyu Handoko, Sekretaris Bidang Abdimas Sarikin, Andalan Abdimas , Pengurus Kwaran Pekuncen, Cilongok dan Ajibarang. Sedangkan dari Kwarcab Brebes dihadiri oleh jajaran pengurus Kwarcab Brebes, Pusdiklatcab Brebes, pengurus Kwaran Paguyangan dan Bumiayu.


Budi Nugroho menjelaskan bahwa Estafet Tunas Kelapa Etape ke 12 ini dalam perjalanannya ke Brebes melewati tiga Kecamatan yakni Wangon, Ajibarang dan Pekuncen.


“Hari ini kita melanjutkan perjalanan dari Aula Dindik Korwilcam Wangon setelah bermalam disana, dimana pada malam harinya juga sudah diadakan sarasehan yang dihadiri oleh Mabiran Wangon, Pusdkilatcab dan Kagudep” terang Budi.


Dan saat ini sudah diserahterimakan ke Kwarcab Brebes, Budi mewakili Ka Mabicab dan Ka Kwarcab Banyumas mengucapkan terimakasih kepada OPD , Polresta Banyumas, Polsek , Koramil , Kwarran, Gugus Depan yang dilewati dan semua pihak yang telah membantu dan mensuport kegiatan ETK ini.


Sementara itu Caridah dalam penjelasannya menyatakan bahwa ETK ini akan langsung diantar ke Kwarda Jateng.


“Tadi pagi Kwarcab Brebes juga sudah menyerahkan ETK dari Kwarcab Tegal dan diserahterimakan ke Kwarcab Pemalang, dan yang ini juga sudah kami serahkan ke Kwarda Jateng melalui Juri ETK Kak Setio,” jelasnya.


Estafet Tunas Kelapa merupakan salah satu tradisi dalam Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam menyongsong Hari Jadi Pramuka. Tradisi dan ciri khas dari kegiatan kepramukaan di Jawa Tengah ini sudah dimulai sejak tahun 1979.


Pasukan utama ETK diawali dengan pembawa spanduk, diikuti pembawa bendera merah putih, bendera Pramuka, tunas kelapa dan pembawa bendera start, pembawa pesan dan kesan Mabi yang kelewatan. Tunas Kelapa (ETK) merupakan kegiatan untuk menyemarakan HUT ke-62 Gerakan Pramuka di wilayah Kwartir Daerah Jawa Tengah.


Yudi Budianto, Kwarcab Banyumas Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Kwarcab Brebes (ETK 2023), (Agustus 27, 2023) di akeses melalui facebook Gerakan Pramuka Kwarcab banyumas (Agustus 28, 2023)