--> Skip to main content

Samakan persepsi, Kwarran Lumbir gelar Karangpamitran

 



Lumbir-Kwartir Ranting (KWARRAN) Lumbir menggelar kegiatan Karangpamitran bagi Pembina Pramuka Siaga hari ini. Kamis 9 Februari 2023 acara dilaksanakan di SD Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas.


Karangpamitran di ikuti oleh 34 pangkalan dari SD negeri dengan jumlah peserta sebanyak 68 Pembina Siaga yang terdiri dari 34 Pembina siaga putra dan 34 Pembina siaga putri dari utusan masing-masing pangkalan.


Kegiatan ini di hadiri oleh Bunda Susanti Tri Pamuji, S.STP, M.Si Selaku Camat Lumbir dari unsur Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Yanda Sinung Tri Mahendro, S.Pd selaku Korwilcam Dindik Lumbir dari unsur Mabiran dan Darsan, S.Pd dewan kehormatan Kwartir Ranting Lumbir serta para pengurus Kwartir Ranting Lumbir. 



Selanjutnya, kegiatan Karangpamitran bagi Pembina Pramuka Siaga di buka oleh Susanti Tri Pamuji, S.STP, M.Si . 

"Apresiasi luar biasa kepada Kak Ary Kurniawan selaku ketua Kwarran lumbir, yang telah mengadakan kegiatan Karangpamitran bagi Pembina Siaga sebagai ajang silaturahmi dan penyamaan persepsi sebagai bekal meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang nanti akan di sampaikan oleh pemateri sebagai dasar melatih dan membina pramuka siaga di pangkalan masing-masing untuk persiapan pesta siaga ranting yang rencananya di laksanakan 28 Februari 2023.


Pesan pendidikan kepramukaan itu tidak berhenti di SD,SMP,SMA tapi sampai kakek kakek nenek nenek, jadikanlah pramuka, tanamkan pramuka di hati kakak-kakak dan jadikan pramuka sebagai ladang ibadah bagi kita semua". Tuturnya dalam sambutan pembukaan Karangpamitran.


Dilanjutkan dengan kegiatan breafing pemateri yang di pimpin langsung oleh kak Sutrisno selaku sekretaris Bidang kepada seluruh pemateri diantaranya Bunda Indah Retnowati, S.Pd. Bunda Rodinah, S.Pd dan Bunda Fatimah Hidayah.


Tujuan Karangpamitran ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam memahami Petunjuk Teknis pelaksaan pesta siaga cabang dan pesta siaga ranting sehingga tidak terjadi kesimpang siuran dalam menyampaikan dan memahami materi sedangakan diadakannya Gladian Pemimpin Barung (DIANPINRUNG) yang di laksanakan bersamaan adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kepemimpinan para pemimpin barung dan wakil pemimpin barung sebagai persiapan Pesta Siaga Ranting dan Pesta Siaga Cabang tahun 2023, Selanjutnya pemaparan materi yang diperlombakan adalah Ketakwaan, Tanda Pengenal Seragam Pramuka, Fun Ball, Scouting Skills (Tali temali dan arah mata angin), Pengamatan dan Daya ingat, Wawasan Kebangsaan dengan harapan peserta Dianpinrung dapat menyalurkan pengalaman yang di dapat pada hari itu kepada teman-teman satu pangkalan.