--> Skip to main content

Persama (Perkemahan Satu Malam) dan Bakti Sosial gugus depan SD Negeri 1 Parungkamal


Kab. Banyumas – Gugus Depan Gerakan Pramuka SD Negeri 1 Parungkamal mengadakan kegiatan Perkemahan Satu Malam (Persama)  dalam rangka Pelantikan Siaga Tata, Penggalang Ramu dan Bakti sosial dengan mengusung tema “Menanamkan Jiwa Empati Sejak Dini, Melalui Gerakan Pramuka” dengan jumlah peserta 124 dan 17 Pembina yang di laksanakan pada tanggal 19 Juni 2023 di lapangan SD Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas.

Pada kegitan ini di isi dengan materi kepramukaan seperti  PBB, halang rintang, keagamaan, kesenian, yel-yel, pengetahuan umum, pengetahuan kepramukaan, pioneering dan sandi pramuka dan di isi dengan bakti sosial pembagian 32 paket sembako untuk warga yang kurang mampu.

Kak Ary Kurniawan, S.Pd.SD selaku Ketua Kwarran Lumbir sekaligus Mabigus SD Negeri 1 Parungkamal menyampaikan terima kasih kepada Kakak-kaka pembina atas terlaksananya kegiatan ini semoga bisa menjadi contoh bagi pangkalan SD di wilayah kwarran Lumbir, betapa pentingnya Pendidikan kepramukaan sejak dini karena bisa melatih kedisplinan dalam segala hal serta melatih kekompakan.

“Harapan kami kegiatan ini dapat di ikuti dengan baik dan sebagai ajang silaturahmi antar peserta sehingga dapat memberikan dampak positif bagi peserta serta dapat menambah pengetahuan kepramukaan,kepada para peserta tetap semangat dan selalu meningkatkan prestasi sampai menjadi pramuka garuda baik yang siaga atau penggalan bahkan nanti bisa di lanjutkan di jenjang Pendidikan berikutnya sampai ke pandega ” Jelas Kak Ary dalam sambutannya.

Kak Slamet Busono, S.Pd., selaku pembina menyampaikan kepada para peserta diminta mengikuti semua kegiatan yang telah di pogramkan pada kegiatan ini dengan senang hati, karena pramuka itu menyenangkan dan bermanfaat, tentunya tidak hanya pengetahuan pramuka yang akan kalian dapat pada kegiatan ini namun pengetahuan umum juga sehingga menambah pengalaman.

 “Terima kasih juga kepada Bapak/Ibu Wali murid yang telah memberikan ijin kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan ini, terima kasih kepada Kakak-kakak Pembina di pangkalan SD Negeri 1 Parungkamal, Kepada DKR Kwarran Lumbir, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga bisa sesuai dengan sambutan kak Kwarran bisa memberikan dampak positif bagi peserta.

Sumber : Kak Yani Wahyu Wardoyo, S.Pd

Penulis : Eko Yuliansor