--> Skip to main content

358 Anggora Pramuka Kwarran Purwokertro Barat Ikuti Penilaian Pencapaian Pramuka Garuda Golongan Siaga dan Penggalang Tingkat Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2023


Sejumlah 358 anggota pramuka siaga dan penggalang dari Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Barat mengikuti penilaian pencapaian Pramuka Garuda golongan siaga dan penggalang Tingkat Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2023 hari ini, Minggu, 3 September 2023. Penilaian dilaksanakan di SD Negeri 1 Kober. Peserta yang mengikuti penilaian itu terdiri dari pramuka golongan siaga sebanyak 285 anggota dan pramuka penggalang sebanyak 73 anggota. 


Apel pembukaan dihadiri oleh para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) dan pembina masing-masing pangkalan. Selain itu, turut hadir dari Kwarcab Banyumas, yaitu Kak Joko Wahyanto, S.Pd., dari Binamuda dan Kak Lulu Indah Nurani, M.Pd. dari Bina Satuan. 


Kak Sri Harjanti, S.Pd., Ketua Kwarran Purwokerto Barat membuka kegiatan. Dalam sambutannya, Kak Janti, biasa ia disapa memberikan pesan kepada para peserta. 


”Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat dan menjadi pramuka garuda hebat, prestasi melesat.Nantinya bisa disampaikan karakter-karakter yang baik ke teman-teman di pangkalan masing-masing. Karena mencapai tahap ini tidak mudah. Andik harus kerja keras dan juga banyak tantangan. Sehingga Bunda berharap nantinya tidak hanya selempang saja.” Jelas Kak Janti. 


Kak Joko Wahyanto, S.Pd., juga memberikan motivasi kepada para peserta.  


”Apresiasi kepada Kwarran yang sudah menata dan mempersiapkan diri untuk peserta didiknya mengikuti penilaian.” Kata Kak Joko,


Ia juga menambahkan bahwa nantinya peserta yang lulus akan mengikuti dilantik oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab), Ir. Achmad Husein.


”Bahwa pelantikan Pramuka Garuda yang dinyatakan lulus akan dilantik oleh Ka Mabicab, Ir. Achmad Husein. Pelantikan akan dilaksanakan pada 16 September 2023 di GOR Satria Purwokerto. Pesertanya sampai dengan saat ini ada 9000 peserta. Salah satu kontribusi Purwokerto Barat adalah sebanyak 352 peserta penilaian Pramuka Garuda.” Tambahnya. 


Di akhir sambutannya, Kak Joko memberikan pesan bahwa para andik hari ini harus bahagia dan membahagiakan. Setelah apel pembukaan selesai, dilanjutkan pengondisian para andik untuk mengikuti penilaian sesuai dengan arahan panitia.