--> Skip to main content

Webinar Kepramukaan Duta Humas Pandu Citraloka Kwartir Daerah Tahun 2023




Duta Humas Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas, yang dikirimkan untuk mengikuti Lomba Duta Humas Kwarda Jawa Tengah berhasil masuk babak 6 besar. Mereka adalah M. Haykal Putra Pratama Pramuka Penegak SMK Wiworotomo Purwokerto dan Laelatul Maghfiroh Pramuka Pandega Pangkalan Universitas NU Purwokerto. Lomba tersebut merupakan bagian dari Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka 2023, yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah.


Untuk menjadi yang terbaik mereka melaksanakan salah satu tahapan yakni menyelenggarakan webinar Selasa 22 Agustus 2023. Sebelumnya mereka mengikuti rangkaian tahapan dalam proses penilaian, diantaranya bimtek pengelolaan media sosial dan publikasi, serta pelaksanaan bakti duta humas.


"Pada pelaksanaan masa bakti, kami diterjunkan untuk membantu mengelola kehumasan di kwartir cabang selama satu bulan, ini bagian dari penilaian. Rangkaian ini juga menjadi wadah bagi kami untuk belajar di bidang kehumasan sekaligus ajang unjuk potensi yang kami miliki," kata Laelatul Maghfiroh salah satu finalis.


Pada tahapan penyelenggaraan webinar kedua finalis asal Banyumas mengusung tema yang terkait dengan teknologi informasi dan dunia digital.


"Saya mengusung tema "Bagaimana Menjadi SDM Terampil Dan Siap Saing Di Dunia Digital dengan Keynote speaker Wakil Ketua Mabicab Kak Drs Sadewo Tri Lastiono, M.Si dan narasumber Kak Erick Setianto Owner M-BioPro & CEO PT Citra Mulia Production," kata Haykal. 


"Webinar saya menghadirkan narasumber Kak Siti Komaradewi dari Staf Pusinfo Kwarnas, sebelumnya Ketua Mabicab Kak Ir Achmad Husein memberikan kata pengantar dan motivasi. Kami mengusung tema "Membuka Batasan Dengan Kreativitas di Era Digital : Menyongsong Tantangan Masa Depan", lanjut Laela.


Parsito sekretaris Bidang Humas dan Informatika Kwarcab Banyumas mengaku bersyukur bahwa Kwarcab Banyumas meloloskan 2 peserta pada babak 6 besar Duta Humas Pandu Citraloka. Hal tersebut menurutnya mengulang sukses tahun sebelumnya dimana dua utusan Banyumas yaitu Deni Puji Setiawan dan Anggi Dyah Ayu Lestari juga masuk 6 besar dan mengantarkan Anggi berhasil menjadi Runner Up 1 Duta Humas Pandu Citraloka 2022.


"Dengan berhasilnya Duta Humas dari Kwarcab Banyumas, semoga akan lahir anggota pramuka yang mampu untuk menyebarkan virus-virus kehumasan secara positif. Dan sebagai duta humas diharapkan mereka mampu meningkatkan citra gerakan pramuka melalui kegiatan kehumasan di Kwarcab Banyumas dengan mempublikasi kegiatan kepramukaan,” harap Parsito.