--> Skip to main content

Kwarran Banyumas Menggelar Pelatihan Jurnalistik

Dokumentasi : Humas Kwarran Banymas

Kwartir Ranting (Kwarran) Banyumas menggelar Pelatihan Jurnalistik pada Jumat, 11 Agustus 2023 di Aula Korwilcam Dinas Pendidikan Banyumas. Kegiatan diikuti oleh 55 pembina pramuka SD, SMP dan SMA se-Kwarran Banyumas di buka oleh Korwilcam Dindik Banyumas Hari Kartini Setyawati, M.Pd. 


Dalam sambutanya Hari Kartini menyambut baik adanya pelatihan jurnalistik dan media sosial yang bertujuan untuk mempersiapkan Pembina Pramuka diberbagai pangkalan agar lebih mengenal bidang jurnalistik dan media sosial.


Ketua Kwarran Banyumas Kasno, S.Pd mengatakan kegiatan pelatihan ini diikuti 55 peserta yang melibatkan Pebina SD, SMP/MTS dan SMA SMK di Kwarran Banyumas. Kegiatan diharapkan mampu menjadi bekal bagi para pembina agar mempunyai kemampuan dalam teknik penulisan berita, reportase dan pengambilan gambar untuk mengisi media sosial yang dimiliki dan dikirim ke media massa lainya.


"Dengan pelatihan ini diharapkan para Pembina Pramuka memiliki ilmu di bidang jurnalistik sehingga bisa mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Gugus depanya," katanya


Pada kesempatan pelatihan kali ini, menghadirkan narasumber dari Tim Humas dan Informatika Kwarcab Banyumas yang dipimpin oleh Sekretaris Bidang Humas Parsito. Dijelaskan bahwa berita yang baik harus memiliki unsur-unsur berita yaitu melipti 5 W + 1 H. Selain itu memiliki struktur berita yang meliputi judul berita / kepala berita, dateline, teras berita (lead) dan isi berita (body).


Tidak hanya teori, peserta juga langsung melakukan praktek untuk membuat berita dengan berpedoman pada unsur berita dan struktur berita yang telah diajarkan. Juga praktek dalam pengambilan gambar dan reportase.


Parsito menambahkan apabila peserta telah menguasai teknik jurnalistik dengan baik, dapat meramaikan media sosialnya masing-masing dengan informasi yang positif dan mengedukasi tentang pendidikan dan pelatihan pramuka


Kwarran Banyumas Menggelar Pelatihan Jurnalistik (2023, Agustus 11). Diakses pada Agustus 23, 2023 dari Facebook :Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas