--> Skip to main content

78 Regu Penggalang Kwarran Banyumas Ikuti Galang Tangguh

 

Dokumentasi : Humas Kwaran Banyumas

Sebanyak 78 regu penggalang Kwartir Ranting (Kwarran) Banyumas mengikuti lomba galang tangguh Kamis, 10 Agustus 2023 di Alun-alun Banyumas dan Komplek Pendopo Adipati Mrapat. Kegiatan dibuka oleh koordinator Korwilcamdindik Banyumas Hari Kartini Setyawati, M.Pd yang ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon.


"Selamat mengikuti kegiatan Galang tangguh, semoga regu yang terbaik nanti bisa membawa nama baik Kwarran di tingkat selanjutnya," ungkapnya.


Ketua Panitia Krisbijantoro,S.Pd melaporkan bahwa penggalang tingkat SD sebanyak 32 regu putra dan putri 34 regu. Sedangkan tingkat SMP diikuti oleh 6 regu putra dan 6 regu putri.


"Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pembinaan Pramuka penggalang di tingkat gudep," katannya.


Ia mensmbahkan peserta diwajibkan melewati 10 pos diantaranya pos bumbung sosial, PBB, menaksir tinggi, pengetahuan keagamaan, pengetahuan kepramukaan dan pengetahuan umum, semaphore, pionering, kampanye kebersihan, ketangkasan, dan terakhir gerak dan lagu.


"Setelah dilakukan penjurian, juara 1 SD putri diraih oleh regu melati dari pangkalan SDN Papringan 2, juara 2 diraih oleh regu anggrek dari pangkalan SD Danaraja, dan juara 3 diraih regu mawar dari pangkalan SDN Sudagaran 1. Untuk regu SD putra diraih oleh regu elang dari pangkalan SDN 1 Sudagaran, regu rajawali dari pangkalan SDN Dawuhan, dan regu rajawali dari pangkalan SDN 1 Sudagaran.


"Sedangkan untuk kelompok SMP putra diraih oleh SMP 1 Banyumas, SMP 3 Banyumas, dan SMP 4 Banyumas. Sedangkan pangkalan putri diraih oleh SMP 1 Banyumas, SMP 4 Banyumas, dan SMP Miftahusalam," pungkasnya


Kwarran Banyumas Menggelar Pelatihan Jurnalistik, Atun Flurrianti(2012, April 28). Diakses pada Agustus 23, 2023 dari Facebook :Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas