--> Skip to main content

Perkemahan Jumat Sabtu di SDN 1 Pasirkidul Membawa Pesan Pengembangan Budi Pekerti



PURWOKERTO – Pangkalan SDN 1 Pasirkidul, Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Barat, malam ini menyelenggarakan upacara api unggun sebagai rangkaian dalam kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) pada hari ini, Jumat s.d. Sabtu, 16 s.d. 17 Juni 2023.  Malam ini, kegiatan yang dilaksanakan adalah Upacara Penyalaan Api uNggun Kegiatan diikuti oleh peserta penggalang sejumlah 58 anggota penggalang dari kelas IV s.d. VI. 


Upacara dipimpin oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus), Kak Darsiti, S.Pd.SD. Dalam amanatnya, Kak Darsiti menyampaikan pesan kepada adik-adik penggalang dengan menganalogikan api unggun yang telah menyala di hadapan mereka.


"Adik-adik bisa menjadi pelopor dan suri tauladan yang baik sehingga disenangi di masyarakat dan dapat membamgkitkan semangat yang baik. Api menyala ke atas, berkobar, kalian itu sebagai pramuka bisa mensyukuri nikmat Tuhan. Dengan bersyukur kamu taat menjalankan perintah-Nya. Selain itu, seorang pramjka juga punya semangat yang tinggi dalam belajar untuk mencapai cita-cita yang kalian impikan. Api yang berkobar juga menandakan kalian harus punya jiwa yang bisa menerangi teman-teman di sekililing kalian. Seorang pramuka diharapkan juga bisa membawa teman-teman dan masyarakat sekitar menjadi terang dan mudah melaksanakan sesuatu karena kalian adik-adikku mempunya jiwa yang terang. Adik-adik sebagai pramuka punya jiwa yang kuat untuk belajar meraih cita-cita kalian." Papar Kak Darsiti. 


Kemudian, dalam kesempatan wawancara secara langsung, Kak Darsiti juga menyampaikan mengenai motivasi dan harapan beliau dalam kegiatan ini. "Saya ingin anak-anak mendapatkan pengalaman baru, apalagi pascapandemi Covid-19. Selain itu, ingin ini membantu anak-anak mengembangkan karakter jadi lebih bertanggung jawab, disiplin, mandiri, di antaranya itu. Harapannya anak-anak senang dengan kegiatan ini, lalu mereka menjadi senang dengan pramuka. Setelah senang mereka diharapkan mempunyai perubahan karakter yang lebih baik." Tandasnya. 


Kegiatan api unggun ini diramaikan dengan beragam tampilan seni dari setiap regu Yang dipandu oleh Kakak-kakak dari Racana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri karena pangkalan SDN 1 Pasirkidul bekerja sama dengan racana dalam kegiatan ini.

Sumber : Kontributor Banyumas

Editor : Humas Kwarran lumbir