--> Skip to main content

Pramuli Kwarran Lumbir Gandeng Tagana kecamatan Lumbir dalam Simulasi Tanggap Bencana


Lumbir, 26 April 2024 - Dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam, Pramuli Kwarran Lumbir bekerjasama dengan Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kecamatan Lumbir menggelar simulasi tanggap bencana gempa bumi. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan warga dalam menghadapi situasi darurat akibat gempa bumi.

 

Simulasi ini diikuti oleh anggota Tagana Kecamatan Lumbir dan Pramuli Kwarran Lumbir. Mereka berlatih melakukan tindakan tanggap darurat, evakuasi, dan pertolongan pertama pada korban. Selain itu, mereka juga mempraktikkan penggunaan peralatan kebencanaan dan koordinasi antar tim.

 

Ketua Tagana Kecamatan Lumbir, Wahyu Cahyoko, S.Pd, menyampaikan "Bahwa kerjasama dengan Pramuli Kwarran Lumbir sangat penting dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Pramuli Kwarran Lumbir memiliki anggota yang terlatih dan berpengalaman dalam penanganan bencana, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan".

 

Ketua Pramuli Kwarran Lumbir, Agus Prihatin, S.Pd, menambahkan "Bahwa simulasi ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama dalam menghadapi potensi bencana alam. Pramuli Kwarran Lumbir berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana di wilayah Kecamatan Lumbir"

 

Dalam simulasi ini, peserta juga mendapatkan pembekalan materi terkait mitigasi bencana gempa bumi, prosedur evakuasi, dan penanganan korban. Mereka dilatih untuk dapat bertindak cepat dan tepat dalam situasi darurat, serta memiliki kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama.

 

Kegiatan simulasi tanggap bencana gempa bumi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan Lumbir dalam menghadapi potensi bencana alam. Dengan adanya kerjasama antara Tagana dan Pramuli Kwarran Lumbir, diharapkan dapat memperkuat ketahanan masyarakat terhadap bencana.