--> Skip to main content

Perjusa SDN Pandansari Latih Kemandirian, Kedisiplinan dan Tanggungjawab


Pangkalan SDN Pandansari menggelar Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) pada Jumat-Sabtu, 10-11 Februari 2023 di lingkungan SDN Pandansari. Kegiatan bertujuan untuk melatih kemandirian, kedisiplinan dan tanggungjawab.


Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) Kak Yusep Kurniawan mengapresiasi semangat adik-adik Pramuka Penggalang beserta para Pembinanya dalam mengikuti kegiatan Perjusa. Antusias dan keceriaan adik-adik dalam mengikuti setiap kegiatan perkemahan menurut Yusep sudah terlihat sejak sesi pembukaan. Meskipun diawal kegiatan diguyur hujan, Perjusa tetap berjalan meriah dan peserta terlihat tetap ceria dan bahagia.


"Diawal kegiatan sudah disambut guyuran hujan. Namun itu tak melunturkan semangat adik-adik. Pokoknya adik-adik dan para pembina pramuka SDN Pandansari, the best," ungkap Yusep bersemangat.


Ketua Gugus Depan (Ka Gudep) Kak Ali Santosa berharap dengan kegiatan Perjusa adik-adik Pramuka Penggalang akan tertanam karakter baik, terlatih kemandirian, kedisiplinan, dan tanggungjawab. Menurutnya, selain penanaman karakter, kegiatan Perjusa juga dimaksudkan untuk memilih adik-adik terbaik yang akan mewakili Pangkalan SDN Pandansari pada kegiatan Jambore Ranting (Jamran).


"Dengan kegiatan ini, adik-adik nantinya akan terlatih mandiri, disiplin, dan bertanggungjawab. Nantinya juga akan dipilih adik-adik terbaik yang akan mewakili pangkalan pada kegiatan Jamran," ungkap Ali.


Kak Imron Rosyadi beserta kakak-kakak pembina Pramuka yang turut hadir membersamai adik-adik optimis akan ada pengalaman belajar bermakna yang adik-adik peroleh. Imron merasa bangga melihat semangat adik-adik berjuang agar bisa terpilih mewakili pangkalan mengikuti Jambore Ranting.


"Saya beserta kakak-kakak pembina Pramuka yakin ada pengalaman bermakna bagi adik-adik dari kegiatan ini. Saya sangat bangga melihat semangat dan antusias adik-adik ikuti Perjusa agar dapat terpilih mewakili pangkalan pada kegiatan Jamran," ungkap Imron. 


 Perjusa SDN Pandansari Latih Kemandirian,  Kedisiplinan dan Tanggungjawab, Ardani Kurniawan, (2023, Februari 12). Diakses pada Agustus 23, 2023 dari Facebook :Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas