--> Skip to main content

Pangkalan SMP Negeri 1 Cilongok Seleksi Pramuka Garuda Berprestasi

Dalam rangka memilih sekaligus mempersiapkan peserta, pada Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Cabang, Gugus Depan SMP Negeri 1 Cilongok menyelenggarakan kegiatan seleksi Pramuka Garuda Berprestasi atau sering dikenal dengan Eagle Scout Award (ESA) di Tingkat Gugus Depan. Kegiatan diikuti 10 Pramuka Penggalang Garuda Selasa, 4 Juli 2023 di lingkungan sekolah setempat.


Pembina pendamping Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Cilongok, Riza Afif mengatakan untuk menentukan peserta yang akan mewakili Gugus Depan harus diadakan seleksi terlebih dahulu supaya anggota Pramuka Garuda yang terpilih betul-betul mereka yang berpotensi dan diharapkan bisa membawa nama baik Pangkalan SMP N 1 Cilongok. Seleksi Pramuka Garuda Berprestasi ditingat Gudep, dimulai dengan tahap uji pengetahuan umum, pengetahuan kepramukaan dan pengetahuan bahasa, dilanjutkan dengan uji semaphore dan morse.


“Tahap berikutnya adik – adik Penggalang Garuda yang terdiri 4 putra dan 6 putri ini akan mengikuti uji LKBB, dan unjuk bakat,” katanya.


Ia berharap kegiatan tersebut, mampu menjaring Pramuka Penggalang Garuda yang berkualitas, yang nantinya dapat mewakili gugus depan di ajang Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi di Tingkat Kwarcab Banyumas Tahun 2023.


“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta didik akan terus terpacu dalam belajar, serta meningkatkan ketrampilan dan bakatnya. Selain itu untuk menentukan peserta yang akan mewakili sekolah harus diadakan seleksi terlebih dahulu supaya anggota Pramuka Garuda yang terpilih betul-betul mereka yang berpotensi dan diharapkan bisa membawa nama baik Pangkalan SMP N 1 Cilongok,” lanjut Riza Afif.


Pemimpin Regu Utama (Pratama) Gudep SMP Negeri 1 Cilongok Rendianto mengaku senang dan tetap semangat mengikuti kegiatan yang digelar waktu liburan, karena dapat memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang positif dan menantang. Menurutnya kegiatan juga menjadi wadah kegiatan bagi dirinya dan anggota Pramuka lain yang sudah menyandang predikat Garuda untuk terus berkarya unjuk kemampuan dan unjuk prestasi untuk menjadi

yang terbaik sebagai anggota teladan bagi pramuka penggalang khususnya dan generasi muda pada umumnya.


“Kegiatan ini membuat kami lebih bersemangat, tidak bosan, dan dapat meningkatkan kebersamaan Dewan Penggalang dan Pramuka Garuda di pangkalan kami,” kata Rendianto.


Ia menambahkan Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi, akan dijadikan ajang Pembuktian Pramuka Garuda.


Laelatul Mahgfiroh, (2023, Juli 5 ). Diakses pada Agustus 23, 2023 dari https://kwarcabbanyumas.or.id